PENDAHULUAN
Pada masa pemerintahan dinasti Umayyah yang di lanjutkan oleh dinasti
Abbassyiah, Islam pernah mengalami masa-masa kejayaan yang cukup
gemilang di bidang Ilmu pengetahuan, sadar atau tidak kita bahwa
bangsa-bangsa barat yang sekarang ini sedang jaya adalah berkat
Sumbangan yang tiada ternilai dari berbagai Ilmuan dan Intelektual
Islam, seiring dengan terpaan badai perkembangan zaman, kejayaan Islam
tersebut makin lama makin redup, hingga sekarang Islam mengalami
masa-masa sulit, di bidang pendidikan dan IPTEK sekarang Islam jauh
tertinggal dari Negara-negara barat. faktor penyebabnya adalah karena
minimnya Sumber Daya Manusia yang benar-benar murni berpijak kepada
Hukum-hukum Islam, padahal jika kita jeli melihat betapa banyak
Sumbangan-sumbangan para Ilmuan dan para Intelektual Islam di berbagai
bidang seperti, Ilmu Filsafat, Ilmu Falak, Ilmu Hitung, Kedokteran dan
masih banyak yang lainnya. Di tambah lagi dengan serangan para
musuh-musuh Islam khususnya para Orientalis yang gencar melakukan
serangan Ghozwul Fikri untuk mematahkan semangat juang para Generasi
muda Islam. Hingga Islam semakin berada di posisi sulit.
Tujuan dan misi utama dari penulisan Makalah ini adalah tidak lain untuk
mendengungkan kepada Telinga-telinga para generasi muda Islam akan arti
pentingnya Pendidikan, untuk membuka mata hati para generasi Islam
betapa Islam pernah mengalami masa-masa kejayaan. Kemudian setelah itu
diharapkan ada semacam follow up atas permasalahan ini, khususnya kepada
Intelektual muda Islam yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi
Islam yaitu Mahasiswa, karena mahasiswa adalah Agent Of change,
Memberikan pengertian kepada mereka akan arti pentingnya pendidikan
Islam, Karena antara Ilmu dan amalan dalam Islam sangat erat kaitannya,
dalam istilah modern di kenal dengan beramal Ilmiah berilmu amaliah.
Maksud disini adalah beramal harus dengan Ilmu, dan Berilmu dengan Niat
beramal. Kemudian tidak tertinggal tujuan pembahasan masalah ini adalah
agar para mahasiswa dapat memahami daripada kegunaan-kegunaan Sejarah
Pendidikan Islam.
Pembahasan
Kegunaan Sejarah Pendidikan Islam
Secara umum sejarah mengandung kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan
umat manusia. Karena sejarah menyimpan atau mengandung kekuatan yang
dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi
pertumhan serta perkembangan kehidupan umat manusia. Sumber utama ajaran
islam Al-quran mengandung cukup banyak nilai-nilai kesejarahan, yang
langsung atau tidak langsung mengandung makna yang besar, pelajaran yang
sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya bagi umat Islam maka tarikh
dan ilmu tarikh (sejarah) dalam Islam menduduki arti penting dan
mempunyai kegunaan dalam kajian tetang Islam, oleh sebab itu kegunaan
sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek, yaitu
Kegunaan yang bersifat umum.
Kegunaan yang bersifat akademis.
Kegunaan yang bersifat Umum
Yang bersifat umum, Sejarah pendidikan Islam mempunyai faktor
keteladanan. Hal ini sejalan dengan makan yang tersurat dan tersirat
dalam firman Allah swt.
Artinya : Sesungguhnya, Rasullulah itu adalah contoh teladan yang bagi kamu sekalian. (Q.S Al-ahzab : 21)
Artinya : katakanlah oleh( Muhammad), jika kamu sekalian cinta kepada
Allah, maka hendaklah ikut akan daku nisvaa Allah akan cinta kepadamu
(Q.S Ali Imran : 31)
Artinya : dan hendaklah kau mengikut akan dia (Nabi Muhammad) supaya kamu mendapat petunjuk (Q.S Al-aaraf : 158)
Berpedoman kepada 3 ayat diatas, maka umat islam dapat Meneladani
proses pendidikan Islam semenjak Zaman Kerasulan Muhammad SAW, Zaman
khulafaur Rasyidin, zaman para ulama-ulama besar dan para pemuka gerakan
pendidikan Islam. Karena, secara global bahawa proses pendidikan Islam
pada hakikatnya merupakan pengejawantahan (manifestasi) daripada
pemikiran mereka tetang konsepsi Islam di bidang pendidikan, baik
teoritik maupun pratiknya (masa Nabi dan seterusnya). Ini yang membawa
kesinambungan (kontinuitas) dan menimbulkan mitos yang mencakup
segala-galanya . dan para ulama Islam sering mendengungkan aan
pentingnya kegunaan tarih dan ilmu tarih seperti yang diungkapkan oleh
H. Munawar Cholil, bahwa : sesungguhnya pengetahuan tarih itu banyak
gunanya, baik bagi urusan keduniaan maupun bagi urusan keakhiratan.
Barang siapa hapal (mengerti benar) tentang tarih, bertamabahlah akal
pikirannya. Tarih itu bagi masa menjadi cermin sesungguhnya tarih
menjadi cermin perbandingan bagi masa yang baru. Tarih dan ilmu tarih
itu pokok kemajuan suatu umat manakala ada suatu umat tidak
memperhatikan tarih dan ilmu tarih, maka umat itu tetntulah akan
ketinggalan di belakang (dalam kemunduran), dan manakala sustu umat
memperhatikan tarih dan ilmu tarih, maka tentulah umat itu maju kedepan
(dalam kemajuan).
Kegunaan yang bersifat akademis.
Yang bersifat akademis, kegunaan sejarah pendidikan islam selain
memberikan sejarah perbendaharaan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan
(teori dan praktek), juga untuk menumbuhkan perspektif baru dalam rangka
mencari relevansi pendidikan Islam tentang segala bentuk perubahan dan
perkembangan ilmu teknologi. Dalam Syllabus Fakultas Tarbiyah IAIN,
kegunaan studi Sejarah Pendidikan Islam diharapkan dapat :
mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya samapai zaman sekarang.
mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam, guna memecahkan problematika pendidikan islam Islam pada mas kini.
memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembahuruan sistem pendidikan Islam.
Selain itu sejarah pedidikan akan mempunyai kegunaan dalam rangka
pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal ini, sejarah
pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah di alami dan
dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap berada
dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.
PENUTUP
Dengan demikian perlu kita sadari betapa pentingnya mempelajari
Kegunaan-kegunaan Sejarah pendidikan Islam, karena secara tidak langsung
kita (Mahasiswa) telah ikut berperan aktif dalam membrantas buta akan
sejarah Islam, dan ikut menunjang pembangunan Sumber daya manusia
Indonesia khususnya Pendidikan yang bernuansa Islam yang berpijak dan
bersandar kepada hokum-hukum Islam seperti yang pernah Terjadi pada
masa-masa kekhalifahan dinasti Umayyah dan dinasti Abassiah.
Kesimpulan
Kegunaan dari pada studi sejarah Pendidikan Islam itu adalah :
Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan Pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya sampai zaman sekarang.
Mengambil manfaat dari proses Pendidikan Islam, guna memecahkan problematika Pendidikan Islam pada masa kini.
Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembahuruan sistem pendidikan Islam.
Ikut menunjang Pembangunan dan Pengembangan pendidikan Islam pada zaman era Globalisasi sekarang ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar